Jumat, 31 Mei 2013

Satgas Pengamanan Perbatasan Amankan Miras Asal Malaysia

JATATAN JURNALIS - NUNUKAN – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 141 Aneka Yudha Jaya Prakosa Palembang, yang baru saja gantikan Satgas Pamtas Yonif 407 Padmakusuma, berhasil amankan ratusan minuman keras (miras) asal Malaysia.

Miras asal malaysia berhasil di amankan
Komandan Satgas Pamtas 141 Aneka Yudha Jaya Prakosa Letkol Inf Feski Dimundy Anggi melalui Pasintel Lettu Inf Rolip mengatakan, penangkapan barang ilegal ini bermula pada saat patroli rutin malam hingga pagi.
“Pada saat patroli sekitar pukul 4 subuh, ada masyarakat terlihat membawa barang dalam karung keluar dari kapal resmi Tawau- Nunukan. Ketika didekati ternyata dalam karung tersebut berupa minuman keras sebanyak 18 dus sekitar 312 botol dengan berbagai merek. Lalu kita langsung amankan saja,” kata Rolip kepada sejumlah media saat ditemui di Markas Komando (Mako) Satgas Pamtas di Jl Fatahillah, Kamis (31/5).

Dikatakan, pada saat penangkapan, pemilik ratusan botol miras tersebut tidak berada di tempat. Sementara yang membawa barang tersebut mengaku hanya menjaga dan mengangkut barang untuk dipindahkan ke sebuah tempat.

“Orang yang mengangkat kita ambil datanya dan meminta sejumlah keterangan. Sebenarnya, informasi mengenai peredaran miras di wilayah pelabuhan ini sudah kami terima dari tim satgas sebelumnya. Nah, dalam pelaksanaan patroli kami menemukan langsung di lapangan. Makanya kita langsung melakukan tindakan. Barang bukti ini akan kita serahkan ke pihak yang berwajib. Dan rencananya kita serahkan temuan ini ke Satpol PP hari ini (kemarin, Red) sekaligus melakukan koordinasi lagi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebelum penangkapan yang terjadi di Pelabuhan Tunon Taka, Kamis (30/5), Satgas Pamtas juga telah mengamankan miras asal Malaysia  di Desa Long Midang Kecamatan Krayan Selatan pada Selasa (21/5) lalu. Dalam penangkapan tersebut, Satgas Pamtas mengamankan barang bukti berupa 18 dos miras yang terdiri dari 91 kaleng jenis bir putih bermerek tiger 45 kaleng dan 46 kaleng merek maister. Semua barang bukti saat ini masih berada di Pos Pamtas Long Midan untuk diamankan. (cj.rdr)

0 komentar:

Posting Komentar