Minggu, 02 Juni 2013

Hasil UN Tingkat SMP Kota Tarakan Dimumkan, 16 Siswa Dinyatakan Tidak Lulus



"Disdik Tarakan pastikan Siswa yang tidak lulus UN tetap dapat melanjutkan ke tingkat SMA/SMK sederajat"

CATATAN JURNALIS - Tarakan – Pengumuman hasil Ujian Negeri (UN) tinggkat SMP sederajat seluru Indonesia serentak diselenggarakan pada hari Sabtu (01/06) dengan total peserta UN sebanyak 3.667.241 siswa, sementara itu sebanyak 3.650.625 di antaranya dinyatakan lulus sedangkan sisanya, yakni 16.616 siswa dinyatakan tidak lulus.

Lain hal untuk wilayak kota Tarakan  pengumuman hasil UN tersebut baru akan dimumkan pada hari minggu (02/06) baik melalui media local yang ada maupun melalui website masing-masing sekolah. Sementara itu sebanyak 2752 Siswa yang mengikuti UN di Tarakan, dari hasil UN tersebut 99,4% dinyatakan lulus oleh Dinas pendidikan (Disdik) kota Tarakan sedangkan 0,6% atau sebanyak 16 siswa dinyatakan tidak lulus oleh Disdik Tarakan.

Muhammad yani menjelaskan, “dari data yang dikumpulkan disetiap sekolah yang ada di Tarakan, untuk wilayah kota tarakan sendiri terdapat 16 siswa baik dari sekolah negeri maupun swasta yang dinyatakan tidak lulus oleh kepala sekolah masing-masing sekolah, dikarenakan selain siswa tersebut tidak mengikuti ujian dan ada juga hasil ujian para siswa tersebut tidak memenuhi target standarisasi yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah dan Mentri Pendidikan.” Ungkap yani saat di wawancarai.

Disdik Tarakan juga mejelaskan untuk hasil kelulusan UN tingkat SMP sederajat sudah dapat diperoleh para siswa pada hari minggu melalui media cetak atau melalui website sekolah tempat para siswa belajar. “Minggu pagi para siswa sudah dapat melihat hasil UN tersebut dengan mencocokan nomor peserta ujian mereka masing-masing,” ungkap yani. Dirinya juga menambahkan sengaja kami umumkan pada saat hari libur agar para para siswa tidak melakukan aksi konvoi maupun coret-coret baju.” Terangnya pada wartawan.

Sementara itu, Disdik Tarakan mengimbau kepada siswa yang lulus tetap terus belajar untuk mempersiapkan diri masuk ke sekolah tingkat SMA/SMK sederajat yang di inginkan setiap siswa, “kami menghimbau kepada orang tua siswa untuk dapat membimbing anaknya sehingga dapat masuk sekolah yang di inginkan, bukan malah membiarkan mereka bersenang-senang lantaran sudah lulus di tingkat SMP sederajat.” Ungkap yani.

Sedangkan untuk siswa yang kurang beruntung atau tidak lulus di tingkat SMP sederajat, dinas pendidikan menghimbau untuk tidak terlalu berkecil hati dan tidak perlu takut untuk tidak dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya, “yang tidak lulus akan masih tetap melanjutkan ketingkat SMA/SMK kok, hanya saja untuk para siswa yang tidak lulus mau mengikuti kembali ujian Paket B yang akan di selenggarakan Disdik Tarakan.” Ucapnya pada wartawan saat diwawancarai.

“kami akan pastikan para siswa yang tidak lulus UN tahun ini akan tetap dapat melanjutka sekolah ketingkat SMA, jadi di harapkan siswa jangan terlalu berkecil hati karna tidak lulus, dalam waktu dekat Didik Tarakan akan menggelar ujian Paket B dan kami harapkan siswa yang tidak lulus segera mendaftar dengan membawa rapot dan nomor UN dari sekolah masing masing.” Jelasnya yani. (cj.iL)

0 komentar:

Posting Komentar