Senin, 10 Juni 2013

Abrasi Menggempur Pantai Derawan

"Eks Venue Voli Pantai PON Kaltim Lenyap"

CATATAN JURNALIS - TANJUNG REDEB - Abrasi di bibir pantai pulau Derawan seharusnya segera diantisipasi Pemerintah Kabupaten Berau. Walau sudah masuk dalam perencanaan, Pemkab tak usah lagi menunggu hingga tahun 2014.

Menurut Kepala Kampung Pulau Derawan H Bahri, tingkat abrasi di pulau wisata tersebut sudah sangat mengkhawatirkan. Hingga saat ini, abrasi sudah memakan sekitar 15 meter bibir pantai Pulau Derawan. Jika abrasi ini tidak  kunjung diantisipasi  dalam waktu dekat atau menunggu hingga 2014 mendatang, akan semakin parah, hal tersebut bakal mengurangi nilai keindahan obyek wisata kebanggaan Berau ini. Apalagi, pulau ini akan menggelar Festival Derawan,” tukasnya.

“Kita sangat senang Pemkab Berau sudah mendengarkan keluhan kita soal abrasi yang terjadi saat ini di Pulau Derawan. Namun, penanganannya tidak sesegera mungkin agar bibir pantai tidak terus hilang akibat dimakan abrasi,”ujarnya, kemarin.

Parahnya tingkat abrasi di pantai pulau ini, beber Bahri, dapat terlihat dari hilangnya lapangan voli yang dulunya digunakan sebagai salah satu venue pesta olahraga  PON Kaltim 2008. Selain itu, robohnya salah satu Rumah Huni PT Kiani Kertas juga akibat abrasi.  Dua contoh tersebut seharusnya sudah bisa menjadi perhatian pemerintah kabupaten dan provinsi.

Mengingat Pulau Derawan adalah salah satu destinasi wisata yang sudah mendunia. Selain itu, perhatian terhadap  pulau Derawan sebagai pulau terluar sudah menjadi tanggung jawab pemerintah. Jangan sampai kerusakan pantai akibat abrasi ini dibiarkan.
Pantai Derawan kian memprihatinkan, Abrasi
semakin melebar dan nampak sebuah penginapan yang
hampir hanyut karena Abrasi.

“Kejadian di Pulau Derawan saat ini, hendaknya menjadi perhatian semua pihak yaitu Pemkab Berau, Provinsi maupun pusat. Karena ini menyangkut keberlangsungan pulau terluar dan salah satu pulau wisata bahari. Saya selaku putra daerah bersama dengan warga Pulau Derawan, mengharapkan adanya kerja nyata dan cepat agar pulau Derawan bisa terus terjaga dan lestari keindahannya.  Kami berharap abrasi ini bisa segera diatasi,”jelasnya. (cj.kk)

0 komentar:

Posting Komentar