|
NOMOR
: PENG/KP/82/08/2013/02
SELEKSI
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN
LUAR NEGERI
TINGKAT
SARJANA DAN PASCA SARJANA(GOLONGAN III)
DAN
DIPLOMA 3 (GOLONGAN II)
TAHUN
ANGGARAN 2013
ISO
9001:2008
|
||||||||||
|
Kementerian Luar Negeri Republik
Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia pria dan wanita
yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai
Negeri Sipil (CPNS) Golongan III dan II untuk dididik menjadi Pejabat
Dinas Luar Negeri (PDLN) yang akan ditugaskan di lingkungan Kementerian
Luar Negeri RI dan Perwakilan RI di Luar Negeri.
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
Rincian
Jabatan dan Jumlah Formasi
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
1
|
Pejabat
Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK)
|
||||||||
|
|
|
Lulusan Sarjana (S-1), Master/Magister
(S-2) atau Doktor (S-3) sejumlah 71 orang untuk
menjadi CPNS Golongan III dan dididik menjadi Pejabat Diplomatik dan Konsuler
(PDK/Diplomat) selama kurang lebih 8 (delapan) bulan pada Sekolah Dinas
Luar Negeri (SEKDILU) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar
Negeri RI.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
Uraian
Kerja :
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
Pejabat Diplomatik dan Konsuler
(PDK/Diplomat) melaksanakan tugas dan fungsi mewakili negara dan pemerintah
Indonesia (representing), melakukan perundingan untuk dan atas nama
kepentingan nasional (negotiating), melindungi kepentingan negara dan
pemerintah, warga negara, dan Badan Hukum Indonesia (protecting),
membangung jejaring dan kerja sama untuk memajukan hubungan kedua
negara/pihak (promoting) dan melakukan pelaporan pelaksanaan tugas dan
pengamatan di bidang politik, keamanan, ekonomi, sosial dan budaya (reporting).
Tugas-tugas tersebut dilaksanakan di Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan
RI di luar negeri.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
2
|
Penata
Keuangan dan Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT)
|
||||||||
|
|
|
Lulusan Sarjana (S-1) sejumlah 60 orang untuk
menjadi CPNS Golongan III dan dididik menjadi Penata Keuangan dan
Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT)
selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan pada Diklat PKKRT di Pusat Pendidikan dan
Pelatihan Kementerian Luar Negeri RI
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
Uraian
Kerja :
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
Penata Keuangan dan
Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT) adalah staf non-diplomatik yang
melaksanakan tugas dan fungsi di bidang administrasi, keuangan, kepegawaian,
perlengkapan dan kerumahtanggaan pada Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan
RI di luar negeri.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
3
|
Petugas
Komunikasi (PK)
|
||||||||
|
|
|
Lulusan Diploma 3 (D-3) sejumlah 27 orang untuk
menjadi CPNS Golongan II dan dididik menjadi Petugas Komunikasi (PK) selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan pada Diklat PK di
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri RI.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
Uraian
Kerja
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
Petugas Komunikasi (PK) adalah
staf non-diplomatik yang membantu pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang
pengelolaan teknologi informasi, komunikasi, persandian, pengamanan,
pengawasan dan pengendalian pemberitaan pada Kementerian Luar Negeri dan
Perwakilan RI di luar negeri.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
I.
PERSYARATAN UMUM
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
a.
|
Warga Negara Indonesia.
|
||||||||
|
|
b.
|
Berusia serendah-rendahnya 18
(delapan belas) tahun (tanggal lahir 1 Desember 1995 dan sebelumnya) dan
berusia maksimum :
|
||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
c.
|
Berkelakuan baik dan tidak pernah
dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki
kekuatan hukum tetap.
|
||||||||
|
|
d.
|
Tidak pernah diberhentikan dengan
hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai
PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai
swasta.
|
||||||||
|
|
e.
|
Tidak berkedudukan sebagai CPNS
atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak
kerja dengan instansi lain.
|
||||||||
|
|
f.
|
Sehat jasmani dan rohani.
|
||||||||
|
|
g.
|
Bersedia ditempatkan di seluruh
wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh
Pemerintah, termasuk di negara/wilayah yang rawan secara politik, ekonomi
maupun keamanan.
|
||||||||
|
|
h.
|
Bersedia tidak mengundurkan diri
selama Diklat SEKDILU/PKKRT/PK dan menjalani ikatan dinas selama 5 (lima)
tahun sejak selesai Diklat.
|
||||||||
|
|
i.
|
Tidak bersuamikan/beristrikan
seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa kewarganegaraan.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
II.
PERSYARATAN KHUSUS
|
||||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
A.
PEJABAT DIPLOMATIK DAN KONSULER (DIPLOMAT/PDK)
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
a.
|
Berijazah Sarjana (S-1),
Magister/Master (S-2), atau Doktor (S-3):
|
|||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
b.
|
Lulusan Perguruan Tinggi Negeri
atau Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia atau Perguruan Tinggi Luar Negeri
yang program studinya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan
Tinggi pada saat tanggal kelulusan, dengan persyaratan IPK:
|
|||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
c.
|
Menguasai bahasa Inggris dengan
baik (lisan dan tulisan), dan/atau bahasa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan Rusia), dan/atau bahasa asing
lainnya (Jepang, Jerman, dan Korea).
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
B.
|
PENATA
KEUANGAN DAN KERUMAHTANGGAAN PERWAKILAN (PKKRT)
|
||||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
a.
|
Berijazah Sarjana (S-1):
|
|||||||
|
|
|
1. Jurusan Akuntansi
2. Jurusan Manajemen 3. Administrasi Negara 4. Administrasi Niaga |
||||||||
|
|
|
b.
|
Lulusan Perguruan Tinggi Negeri
atau Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang program studinya terakreditasi
oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada saat tanggal kelulusan,
atau Perguruan Tinggi luar negeri, dengan persyaratan IPK minimal 2,75 (dua
koma tujuh lima) dalam skala 4.
|
|||||||
|
|
|
c.
|
Menguasai bahasa Inggris dengan
baik (lisan dan tulisan), dan/atau bahasa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan Rusia), dan/atau bahasa asing
lainnya (Jepang, Jerman, dan Korea).
|
|||||||
|
|
|
|
||||||||
|
|
C.
|
PETUGAS
KOMUNIKASI (PK)
|
||||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
a.
|
Berijazah Diploma 3 (D-3):
|
|||||||
|
|
|
|
1. Jurusan Ilmu Komputer;
|
|||||||
|
|
|
|
2. Jurusan Teknik Komputer;
|
|||||||
|
|
|
|
3. Jurusan Manajemen Informatika;
|
|||||||
|
|
|
|
4. Jurusan Teknik Informatika; dan
|
|||||||
|
|
|
|
5. Jurusan Teknologi Informasi.
|
|||||||
|
|
|
b.
|
Lulusan Perguruan Tinggi Negeri
atau Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang program studinya terakreditasi
oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada saat tanggal kelulusan,
atau Perguruan Tinggi luar negeri, dengan persyaratan IPK minimal 2,75 (dua
koma tujuh lima) dalam skala 4.
|
|||||||
|
|
|
c.
|
Menguasai bahasa Inggris dengan
baik (lisan dan tulisan), dan/atau bahasa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan Rusia), dan/atau bahasa asing
lainnya (Jepang, Jerman, dan Korea).
|
|||||||
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
III.
PENDAFTARAN
|
||||||||||
|
|
|
|
||||||||
|
|
a.
|
Melakukan
registrasi online melalui situs https://e-cpns.kemlu.go.id mulai tanggal 3
September 2013 dan mencetak formulir registrasi
beserta pernyataan menyetujui ketentuan dan syarat yang ditetapkan.
|
||||||||
|
|
b.
|
Disamping melakukan registrasi online,
pelamar wajib mengirimkan berkas lamaran kepada Panitia Seleksi
Penerimaan CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013 melalui Pos Tercatat mulai tanggal 3 September 2013 (CAP
POS) dan berakhir pada tanggal 17 September 2013 (CAP
POS), serta sudah harus diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 20 September 2013, ditujukan kepada:
|
||||||||
|
Ketua
Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kemlu T.A. 2013
|
||||||||||
|
|
c.
|
Setiap Pelamar hanya diperkenankan
mengirimkan satu berkas lamaran dan mendaftar hanya untuk satu kategori
seleksi PDK, PKKRT, atau PK.
|
||||||||
|
|
d.
|
Registrasi online baru akan
diproses setelah Panitia menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui
P.O. BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran
lainnya.
|
||||||||
|
|
e.
|
Dokumen yang harus disampaikan
bersamaan dengan berkas lamaran adalah sebagai berikut:
|
||||||||
|
|
|
i.
|
||||||||
|
|
|
ii.
|
Surat Pernyataan Menyetujui
Ketentuan dan Syarat yang telah dicetak dibubuhi meterai Rp. 6.000,00;
|
|||||||
|
|
|
iii.
|
Fotokopi KTP yang masih
berlaku/Fotokopi Paspor dan izin tinggal yang masih berlaku bagi Pelamar dari
luar negeri;
|
|||||||
|
|
|
iv.
|
Daftar Riwayat Hidup terakhir
sesuai dengan format yang telah disediakan (unduh format Daftar Riwayat
Hidup di sini).
|
|||||||
|
|
|
v.
|
Satu lembar fotokopi ijazah (D-3,
S-1, S-2 atau S-3) berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisasi (cap basah
dan tanda tangan asli). Pejabat yang berwenang mengesahkan fotokopi ijazah
dapat dilihat di sini.
Untuk lulusan universitas luar negeri wajib melampirkan Hasil Penilaian
Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diterbitkan oleh
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
RI.
Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara tidak diterima. Catatan: bagi lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai tidak berskala 4 harap melampirkan konversi transkrip nilai dengan skala 4. |
|||||||
|
|
|
vi.
|
Fotokopi Akte Kelahiran;
|
|||||||
|
|
|
vii.
|
Fotokopi tanda pencari kerja
(kartu kuning Kemenakertrans) yang masih berlaku. Bagi pelamar dari luar
negeri dan belum memiliki kartu tanda pencari kerja, dapat menyerahkan kartu
tanda pencari kerja pada tahap ujian wawancara substansi/ tes psikologi;
|
|||||||
|
|
|
viii.
|
Pas foto terakhir ukuran 4x6 cm
(berwarna) sesuai dengan kriteria foto sebanyak 3 lembar. Harap tuliskan nama
Pelamar di bagian belakang foto (lihat kriteria foto di sini).
|
|||||||
|
|
f.
|
Dokumen yang harus disampaikan
pada tahap ujian wawancara substansi/ tes psikologi sebagai berikut :
|
||||||||
|
|
|
i.
|
Asli surat keterangan sehat
jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika,
psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya terbaru (3 bulan terakhir),
tidak buta warna, keterangan tidak hamil, yang dikeluarkan oleh dokter.
|
|||||||
|
|
|
ii.
|
Asli Surat Keterangan Catatan
Kepolisian (SKCK);
|
|||||||
|
|
g.
|
Lamaran beserta lampiran tersebut
pada butir (e) disusun rapi sesuai urutan di atas dalam map kertas jepit
berlubang dengan warna :
|
||||||||
|
|
|
i.
|
Biru untuk Pelamar PDK berijazah S–1;
|
|||||||
|
|
|
ii.
|
Kuning untuk Pelamar PDK berijazah S–2;
|
|||||||
|
|
|
iii.
|
Putih untuk Pelamar PDK berijazah S–3;
|
|||||||
|
|
|
iv.
|
Hijau untuk Pelamar PKKRT; dan
|
|||||||
|
|
|
v.
|
Merah untuk Pelamar PK.
|
|||||||
|
|
h.
|
Map lamaran beserta lampiran
dimasukkan kedalam amplop warna coklat. Pada pojok kiri atas amplop agar
ditempelkan potongan barcode yang dapat diperoleh setelah mengunduh
formulir registrasi.
|
||||||||
|
|
i.
|
Berkas lamaran yang tidak memenuhi
persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses.
|
||||||||
|
|
j.
|
Berkas lamaran yang diterima
Panitia menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh Pelamar.
|
||||||||
|
|
k.
|
Pelamar diminta untuk tidak
melampirkan dokumen-dokumen lain selain yang tersebut pada butir e.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
IV.
TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
|
||||||||||
|
|
||||||||||
|
|
Seleksi penerimaan PDK, PKKRT, dan
PK dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:
|
|||||||||
|
|
1.
|
Seleksi Administrasi;
|
||||||||
|
|
2.
|
Tes Kompetensi Dasar (meliputi
wawasan kebangsaan, intelejensi umum, dan tes karakteristik pribadi),
dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 30 September – 9 Oktober 2013. Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;
|
||||||||
|
|
3.
|
Tes Kompetensi Bidang (meliputi
masalah nasional, internasional dan pengetahuan umum yang akan dilaksanakan
dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), dijadwalkan akan dilaksanakan
pada tanggal 26
Oktober 2013. Tempat pelaksanaan ujian akan
ditentukan kemudian;
|
||||||||
|
|
4.
|
Ujian Kemampuan/Penguasaan Bahasa
Inggris dan/atau Bahasa PBB Lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan
Rusia) dan/atau bahasa asing lainnya (Jepang, Jerman, dan Korea) berdasarkan
pilihan Pelamar, dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 November 2013. Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;
|
||||||||
|
|
5.
|
Pemeriksaan Psikologi, Wawancara
Substansi, dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 20 November 2013. Tempat pelaksanaan akan ditentukan kemudian;
|
||||||||
|
|
6.
|
Tes Kesehatan, dijadwalkan akan
dilaksanakan pada tanggal 21
– 29 November 2013. Tempat Pelaksanaan Ujian akan
ditentukan kemudian;.
|
||||||||
|
|
7.
|
Pelamar yang lulus pada setiap
tahapan ujian akan diumumkan melalui situs https://e-cpns.kemlu.go.id;
|
||||||||
|
|
8.
|
Seleksi dilakukan dengan sistem
gugur dan keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
V.
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
|
||||||||||
|
|
|
|
||||||||
|
|
1.
|
Pelamar yang dinyatakan lulus
Seleksi Administrasi adalah mereka yang telah melakukan registrasi online
dan memenuhi seluruh persyaratan administrasi lamaran. Hasil Seleksi
Administrasi dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 24 September 2013
melalui situs https://e-cpns.kemlu.go.id.
|
||||||||
|
|
2.
|
Pelamar yang telah dinyatakan
lulus tahapan Seleksi Administrasi diwajibkan untuk mencetak Kartu Tanda
Peserta Ujian (KTPU) sebagai syarat mengikuti Ujian Tulis Substansi. KTPU untuk
masing-masing peserta yang dinyatakan lulus dapat diunduh pada akun pelamar
yang diperoleh pada waktu melakukan registrasi online.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
VI.
LAIN-LAIN
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
1.
|
Panitia Seleksi Penerimaan CPNS
Kementerian Luar Negeri TA 2013 tidak memungut biaya apapun dalam seleksi
penerimaan CPNS Kementerian Luar Negeri.
|
||||||||
|
|
2.
|
Panitia Seleksi Penerimaan CPNS
Kementerian Luar Negeri TA 2013 tidak mengadakan surat-menyurat.
|
||||||||
|
|
3.
|
Kementerian Luar Negeri tidak
bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum
yang mengatasnamakan Kementerian Luar Negeri atau Panitia.
|
||||||||
|
|
4.
|
Informasi resmi yang terkait
dengan Seleksi Penerimaan CPNS Kemlu TA 2013 hanya dapat dilihat dalam situs https://e-cpns.kemlu.go.id.
Para Pelamar disarankan untuk terus memantau situs dimaksud.
|
||||||||
|
|
5.
|
Kelulusan pada setiap tahapan tes
ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi Pelamar.
|
||||||||
|
|
6.
|
Bagi peserta yang lulus setiap
tahapan diwajibkan mengikuti seleksi tahapan berikutnya.
|
||||||||
|
|
7.
|
Bagi mereka yang telah dinyatakan
lulus hingga tahapan terakhir seleksi, tetapi mengundurkan diri dikenakan
sanksi dengan diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan Panitia
sebesar Rp
20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah) untuk
disetorkan kepada Kas Negara.
|
||||||||
|
|
8.
|
Lamaran yang dikirimkan kepada
Kementerian Luar Negeri sebelum ditayangkan pengumuman ini dianggap tidak
berlaku.
|
||||||||
|
|
9.
|
Keputusan Panitia dalam hal
kelulusan Pelamar pada setiap tahapan tes bersifat mutlak dan tidak dapat
diganggu gugat.
|
||||||||
|
|
10.
|
Apabila Pelamar memberikan
keterangan/data yang tidak benar, baik pada setiap tahapan tes/ujian maupun
setelah dinyatakan lulus dan diangkat menjadi CPNS/PNS di Kementerian Luar
Negeri, maka Kementerian Luar Negeri berhak membatalkan keikutsertaan Pelamar
pada tahapan ujian dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS Kementerian Luar
Negeri, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwenang karena
telah memberikan keterangan palsu.
|
||||||||
|
|
11.
|
Bagi peserta yang dinyatakan
lulus, selama mengikuti pendidikan, peserta Diklat tidak diperkenankan
mengambil cuti dan bersedia menaati peraturan dan ketentuan yang berlaku di
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri.
|
||||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
Jakarta,
1 September 2013
|
||||||
|
|
|
|
|
A.n
MENTERI LUAR NEGERI
|
||||||
|
|
|
|
|
SEKRETARIS
JENDERAL
|
||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
ttd
|
||||||
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
BUDI
BOWOLEKSONO
|
||||||
Selasa, 03 September 2013
Seleksi Tes CPNS Tahun 2013
23.52
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)






0 komentar:
Posting Komentar